Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui dan mendeskripsikan: Pengaruh metode pendekatan berbasis aktivitas dalam meningkatkann prestasi belajar menggunakan pendekatan berbasis aktivitas dalam pembelajaran IPAS pokok Bahasan Hewan dan Lingkungan pada Peserta Didik di Kelas IV SDN 049 Inpres Lena Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini fokus pada peningkatan kualitas pembelajaran yang menyebabkan prestasi belajar Peserta Didik meningkat dalam pembelajaran IPAS dengan melibatkan peneliti, guru kelas, kepala sekolah, dan guru lain sebagai kolaborator. Data diperoleh melalui pengamatan, angket, wawancara, dan dokumentasi. Data tentang kualitas pembelajaran diperoleh melalui pengamatan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: Strategi pembelajaran dengan Pendekatan Pengajaran Berbasis Aktivitas Dalam Pembelajaran IPAS pokok bahasan Hewan dan Lingkungan Pada Peserta Didik di Kelas IV SDN 049 Inpres Lena Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar diupayakan dapat meningkatkan prestasi belajar motivasi, kreativitas, dan pemecahan masalah dalam belajar. Strategi pembelajaran berbasis aktivitas merupakan salah satu komponen Contextual Teaching and Learning (CTL). Strategi ini dapat dilakukan pada semua mata pelajaran. Strategi pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran berbasis aktivitas dimungkinkan dapat meningkatkan prestasi belajar dan motivasi belajar.
Copyrights © 2024