JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner)
Vol 8 No 1 (2024): JPPI Volume 8 Nomor 1 Juni 2024

Pengaruh Metode Pendekatan Berbasis Aktivitas dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPAS di Kelas IV SDN 049 Inpres Lena Kecamatan Luyo Kabaupaten Polewali Mandar

Muslimin, Muslimin (Unknown)
Adi sucipto, Muh (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui dan mendeskripsikan: Pengaruh metode pendekatan berbasis aktivitas dalam meningkatkann prestasi belajar menggunakan pendekatan berbasis aktivitas dalam pembelajaran IPAS pokok Bahasan Hewan dan Lingkungan pada Peserta Didik di Kelas IV SDN 049 Inpres Lena Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini fokus pada peningkatan kualitas pembelajaran yang menyebabkan prestasi belajar Peserta Didik meningkat dalam pembelajaran IPAS dengan melibatkan peneliti, guru kelas, kepala sekolah, dan guru lain sebagai kolaborator. Data diperoleh melalui pengamatan, angket, wawancara, dan dokumentasi. Data tentang kualitas pembelajaran diperoleh melalui pengamatan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: Strategi pembelajaran dengan Pendekatan Pengajaran Berbasis Aktivitas Dalam Pembelajaran IPAS pokok bahasan Hewan dan Lingkungan Pada Peserta Didik di Kelas IV SDN 049 Inpres Lena Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar diupayakan dapat meningkatkan prestasi belajar motivasi, kreativitas, dan pemecahan masalah dalam belajar. Strategi pembelajaran berbasis aktivitas merupakan salah satu komponen Contextual Teaching and Learning (CTL). Strategi ini dapat dilakukan pada semua mata pelajaran. Strategi pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran berbasis aktivitas dimungkinkan dapat meningkatkan prestasi belajar dan motivasi belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner (JPPI) published by IAI DDI Polewali Mandar, jornals are published twice a year in Juni dan Desember. This journal Contains articles of thought and research results in Islamic education disciplines. This journal warmly welcomes contributions from ...