Pelaksanaan pembelajaran tahsin tilawah Al-Quran banyak sekali permasalahan yang timbul seperti kemampuan siswa dalam melafalkan huruf-huruf Arab atau Hijaiyah sesuai makharijul hurufnya. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan programa pembelajaran tahsin tilawah Al-Qur'an dalam meningkatkan hafalan siswa, dan hasil programa pembelajaran tahsin tilawah Al-Qur'an dalam meningkatkan hafalan santri RA Al-Ikhlas Konggo. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif jenis studi kasus. Informasi penelitian diperoleh sesuai teknik pengumpuan data pada penelitian kualitatif pada umumnya yaitu diawali dengan kegiatan observasi, kemudian mengkonfirmasi hasil observasi melalui wawancara terstruktur dan mendalam serta ditutup dengan study dokumen dengan sumber data primer dari ketua yayasan, kepala sekolah, dan walikelas dan guru tahfizh. Hasil penelitian menunjukkan  kajian evaluasi pembelajaran tahsin tilawah Al-Qur'an pada tahfizh Al-Qur'an di RA Al-Ikhlas Konggo, pembelajaran ini tidak berdiri sendiri melainkan terintegrasi dengan pembelajaran tahfizh. Al-Qur'an. Talaqqi adalah teknik yang digunakan daripada alat pembelajaran khusus. Penilaian bacaan tahsin tilawah Al-Qur'an dilakukan pada saat pemeriksaan tahfizh Al-Qur'an. Programa pengajian tahsin tilawah Al-Qur'an tidak memiliki kriteria penilaian yang ditetapkan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023