Perkembangan bahasa terbagi atas beberapa kemampuan, salah satunya yaitu kemampuan reseptif. Kemampuan ini melibatkan anak dapat mengekspresikan apa yang dirasakan baik yang dilihat, didengar dan dirasakan anak, seperti kemampuan membaca.  Kemampuan ini sangat penting dalam kelangsungan hidup anak ke depannya. Namun kenyataannya masih banyak ditemukan pembelajaran yang kurang bervariatif diantaranya dengan mengeja dan memberi contoh di papan tulis dalam melatih kemampuan membaca anak. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan berbagai dukungan efektif berupa media untuk mengembangkan keterampilan membaca anak. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan pendekatan kualitatif. Literatur yang diperoleh dari berbagai artikel dari jurnal nasional maupun internasional dari situs Google Schoolar,  Scopus dan Scimago sumber terkait penggunaan media kartu huruf bergambar dan kemampuan membaca.  Literatur yang digunakan sebanyak 450 dan dianalisis serta diseleksi menjadi 11 artikel. Langkah-langkah yang dilakukan adalah pengumpulan data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil tinjauan tersebut dapat disimpulkan bahwa peningkatan keterampilan membaca awal pada anak usia dini dapat dikembangkan melalui berbagai cara, seperti media yang digunakan sebaiknya memadukan teks dengan gambar, animasi dan suara yang menunjang pembelajaran seperti media flashcard,  buku animasi bacaan anak, poop up book, poster ,media teka teki silang, video animasi dan aplikasi game berbasis literasi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024