Penelitian ini bertujuan untuk mendalami penerapan pembiasaan positif sebagai strategi khusus dalam upaya meningkatkan karakter anak di Taska Kasih Khadejah, Bukit Raja, Klang, Malaysia. Dengan latar belakang kebutuhan mendesak untuk membentuk karakter anak sejak dini, penelitian ini menggunakan pendekatan yang berfokus pada nilai-nilai moral dan pendidikan.Metodologi penelitian mencakup observasi partisipatif terhadap aktivitas sehari-hari di Taska Kasih Khadejah, dengan mewawancarai lebih mendalam dengan ketua program, serta analisis dampak positif yang timbul dari penerapan pembiasaan. Analisis data dilakukan secara interaktif dan terus menerus sampai tuntas sehingga diperoleh data yang kredibel. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang efektivitas strategi pembiasaan positif di konteks Taska Kasih Khadejah. Implikasi praktis dari temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada perbaikan program dan memandu penyelenggara dalam mengoptimalkan upaya pembentukan karakter anak di lingkungan Taska Kasih Khadejah, serta memberikan wawasan lebih lanjut bagi lembaga serupa di seluruh Malaysia. Penerapan pembiasaan positif di Taska Kasih Khadejah bukan hanya berdampak pada perilaku siswa, tetapi juga membentuk dasar karakter yang kokoh. Pendidikan karakter bukan sekadar agenda sekolah, melainkan perjalanan bersama antara guru, pengelola program, dan orang tua untuk membentuk generasi pintar secara akademis, memiliki integritas moral, dan kekuatan karakter.
Copyrights © 2024