Standar pencapaian perkembangan anak usia dini termasuk pembentukan karakter Islami sering mengalami problematika. Pembentukan karakter Islami anak usia dini merupakan sesuatu yang bersifat abstrak, maka diperlukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan oleh guru dalam pembentukan nilai abstrak tersebut kepada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keteladan guru dalam pembentukan karakter Islami di Raudhatul Athfal Al-Hidayah Kendari. Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif dengan deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, wawancara dan dokumentasi. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober sampai Desember 2023 dengan informan yaitu kepala madrasah dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : keteladanan guru dalam pembentukan karakter Islami di Raudhatul Athfal Al-Hidayah Kendari meliputi beberapa segi, yakni : a) Keteladanan guru dalam melaksanakan perintah Allah SWT. b) Keteladanan guru dalam pembentukan karakter Islami anak didik kepada diri sendiri, c) keteladanan guru dalam pembentukan karakter Islami anak didik kepada sesama manusia dan d) keteladanan guru dalam pembentukan karakter Islami anak didik kepada lingkungan.
Copyrights © 2024