Penelitian ini berdasarkan permasalahan yang peneliti temukan di lapangan yang menunjukkan betapa pentingnya peran seorang guru dalam  menyumbang pembentukkan karakter anak di sekolah , temper tantrum merupakan perilaku destruktif, dalam bentuk luapan yang dapat bersifat fisik seperti memukul, mendorong, mambanting suatu benda ataupun dalam bentuk verbal, seperti berteriak, menangis, menjerit maupun merengek. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengatasi temper tantrum adalah metode time out. Metode time out didefinisikan sebagai penarikan peluang untuk mendapatkan penguatan positif atau hilangnya penguatan positif untuk waktu tertentu,   Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam mengatasi  anak temper tantrum melalui metode time out . Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara guru disekolah. Data dianalis menggunakan reduksi data, menampilkan data dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini mengenai penerapan metode time out dalam mengatasi anak temper tantrum pada aktivitas pembelajaran di RA T.I Al- Musthafawiyah Medan sangat memberikan pengaruh baik (positive) untuk anak. penelitian ini menunjukan, proses penanganan pada anak yang mengalami tantrum menggunakan teknik peyisihan sesaat (Time Out) dapat membuat anak menjadi lebih tenang, emosi lebih bisa terkontrol dan mampu menerima stimulus penanganan yang di berikan orang lain pada anak.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024