Kurikulum Merdeka telah menjadi inovasi pendidikan yang mendasar, menekankan pada kebebasan belajar dan pengembangan kreativitas. Penelitian ini dilakukan untuk menginvestigasi implementasi Kurikulum Merdeka dalam mengoptimalkan kemampuan metode proyek berpikir kreatif pada anak usia dini yang bertempat di di Tk/PAUD Galileo plus Mabar. Penelitian ini bertujuan memberikan pemahaman terkait hakikat dan cara menyusun kurikulum mandiri secara optimal, maka penting dilakukan penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus di beberapa lembaga pendidikan yang melibatkan guru dan 19 anak usia dini yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen terkait. Data dianalisis menggunakan reduksi data dengan memilah, menyeleksi setiap data yang masuk dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi dan menarik sebuah kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka secara efektif meningkatkan kemampuan anak usia dini dalam menggunakan pendekatan studi kasus untuk mengembangkan pola pikir kreatif anak usia dini. Guru diidentifikasi sebagai agen kunci dalam proses ini, mengintegrasikan konsep kurikulum dengan kebutuhan dan tingkat perkembangan anak. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa anak-anak yang terlibat dalam metode proyek berpikir kreatif menunjukkan peningkatan dalam keterampilan pemecahan masalah, kreativitas, dan kolaborasi. Kurikulum Merdeka memberikan landasan yang kuat untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung perkembangan holistik anak.
Copyrights © 2024