Tantangan  abad 21 yang sangat pesat harus diimbangi dengan kemampuan kerja sama yang baik. Stimulasi kemmapuan kerjasama sejak usia dini akan membuat anak dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan lingkunganya dimasa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh STEAM-PjBL terhadap kemampuan kerja sama pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan desain kelompok kontrol pretest-posttest nonrandomized yang terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian dilaksanakan di dua lembaga Taman Kanak-kanak, yakni TK Khadijah Surabaya dan TK Khadijah Wonorejo. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney U yang menghasilkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dengan taraf signifikansi sebesar 0,05. Analisis uji hipotesis tersebut memperoleh kesimpulan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima atau terdapat pengaruh  STEAM-PjBL terhadap kemampuan kerja sama pada anak usia 5-6 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa STEAM-PjBL melalui kegiatan proyek P5 Sekolahku Bersih dan Asri dengan kemampuan kerja sama dikarenakan kegiatan ini merangsang anak untuk mau bergabung dan berinteraksi dengan temannya, dapat membina dan mempertahankan hubungan dengan teman, dan anak dapat membantu dan menolong dalam kelompoknya. STEAM-PjBL melalui kegiatan proyek P5 dapat diterapkan pada hasil penelitian  mendatang  guna menstimulasi kemampuan kerja sama pada anak usia dini.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024