Karakter gemar membaca anak sangat dipengaruhi ketika anak mulai berkembang pada usia dini. Peran sekolah dan orang tua sangat berpengaruh terhadap kebiasaan anak untuk memiliki karakter gemar membaca. Kurangnya stimulasi yang diberikan oleh orang tua hingga kurangnya memanfaatkan media pembelajaran di sekolah menjadi penyebab minimnya kegemaran membaca.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanaman nilai karakter gemar membaca dan mengetahui efektivitas penggunaan buku cerita bergambar dalam menanamkan nilai-nilai karakter gemar membaca pada anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan pre-experimental designs dengan desain one group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini yaitu anak usia 5-6 tahun di PAUD X yang terletak di Kecamatan Jatisari Karawang.  Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik nonprobability sampling, sebanyak 20 anak diberikan perlakuan dengan menggunakan buku cerita bergambar. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji t, dan uji N-Gain score berbantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku bergambar mempunyai pengaruh dan dinilai cukup efektif dalam upaya menanamkan nilai karakter gemar membaca yang terlihat dari perbedaan hasil pretest dan posttest.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024