MURHUM : JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Vol. 5 No. 2 (2024): Desember

Pengembangan Imaginary Permainan Imajinasi Berbasis Aplikasi melalui Scratch Jr untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia 5 – 6 Tahun

Kartika, Kartika (Unknown)
Dwi Utami, Ade (Unknown)
Nurjannah, Nurjannah (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2024

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang penting dikembangkan pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi permainan imajinasi berbasis Scratch Jr untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun. Aplikasi ini dirancang untuk mengintegrasikan elemen-elemen permainan imajinatif yang dapat merangsang kreativitas dan pemecahan masalah pada anak. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi permainan imajinasi ini efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis anak. Uji coba dilakukan di tiga taman kanak-kanak dengan melibatkan 20 anak sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, catatan lapangan, dan penilaian keterampilan berpikir kritis sebelum dan sesudah intervensi. Analisis data menggunakan uji t menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan berpikir kritis anak setelah menggunakan aplikasi. Temuan ini mengindikasikan bahwa aplikasi permainan imajinasi berbasis Scratch Jr dapat menjadi alat yang efektif untuk menstimulasi keterampilan berpikir kritis anak usia dini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

murhum

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Nama Jurnal : Murhum : jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Website : https://murhum.ppjpaud.org/index.php/murhum Publisher : PPJ PAUD Koordinator Sulawesi Terbit : 2 issues per Tahun Juli dan Desember Murhum : jurnal Pendidikan Anak Usia Dini merupakan jurnal yang menerbitkan artikel Hasil penelitian ...