Perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 Tahun membutuhkan perhatian khusus dari guru dan orang tua agar anak dapat mencapai tugas perkembangan dengan baik. Salah satu metode yang digunakan untuk mengembangkan motorik kasar yaitu gerak dan lagu. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan proses, hasil, dan dampak aktivitas gerak dan lagu sebagai startegi dalam mengembangkan kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Kota Serang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, melibatkan kelompok B.3 sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, dan dianalisis menggunakan model Miles and Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan aktivitas gerak dan lagu di TK Negeri Pembina Kota Serang terdiri dari tiga tahap: persiapan, inti dan evaluasi. Aktivitas gerak dan lagu yang diterapkan di TK Negeri Pembina setiap hari Selasa s/d Kamis mampu menstimulasi motorik kasar anak usia 5-6 Tahun, meliputi aspek kelenturan, koordinasi dan ketepatan gerakan yang menunjukkan perkembangan yang sangat baik. Penelitian ini membuktikan bahwa aktivitas gerak dan lagu merupakan startegi yang dapat digunakan untuk mendukung perkembangan motorik kasar anak. Oleh karena itu, penelitian ini direkomendasikan kepada para pendidik, guru dan sekolah untuk menjadikan hasil penelitian ini sebagai salah satu alternatif referensi dalam hal pengembangan kemampuan motorik kasar anak melalui aktivitas gerak dan lagu.
Copyrights © 2024