Urgensi permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mengatasi kurangnya keterampilan menyimak siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia yang mungkin disebabkan oleh pendekatan pembelajaran yang tidak sesuai dengan latar belakang budaya siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyimak melalui penerapan pendekatan Culture Responsive Teaching (CRT) pada pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IV.C SD Telkom Makassar, yang berjumlah 32 siswa pada semester ganjil tahun ajaran 2024-2025. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama, 66% siswa berhasil mencapai ketuntasan, dan persentase tersebut meningkat menjadi 87% pada siklus kedua. Hal ini membuktikan bahwa penerapan Culture Responsive Teaching (CRT) efektif dalam meningkatkan kemampuan menyimak siswa di kelas IV.C SD Telkom Makassar.
Copyrights © 2024