Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana anak usia 5 sampai 6 tahun dipengaruhi oleh media buku besar dalam hal kemampuan berbicaranya. Dalam penelitian ini, digunakan desain pra-eksperimental kelompok pre-test-post-test tipe I dengan pendekatan kuantitatif dan metodologi eksperimental. Populasi penelitian ini adalah 43 anak muda. Tiga puluh anak, usia lima hingga enam tahun, yang dipilih melalui seleksi purposif menjadi sampel penelitian. Uji-t berpasangan digunakan untuk analisis data pada hasil penilaian pre-test dan post-test. Selanjutnya, dengan membandingkan nilai Sig, diuji pentingnya data tersebut. (2-tailed) dan nilai α. Nilai Sig ditentukan dengan menggunakan data pre-test dan post-test hasil temuan uji t berpasangan. Ketika nilai 2-tailed sebesar 0,000 maka nilai α sebesar 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa nilai Sig 2-tailed lebih kecil dari nilai α (0,000 < 0,05). Oleh karena itu, Ha diterima dan H0 ditolak, yang menunjukkan bahwa anak-anak berusia antara lima dan enam tahun mendapat manfaat dari paparan media cetak besar dalam hal kemampuan berbicara mereka.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024