Jurnal Pelita PAUD
Vol 8 No 2 (2024): Jurnal Pelita PAUD

Pengaruh Penggunaan Big Book Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun

Ananda, Prestisia (Unknown)
Kurniawati, Asih Budi Kurniawati (Unknown)
Nawangsasi, Devi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 May 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana anak usia 5 sampai 6 tahun dipengaruhi oleh media buku besar dalam hal kemampuan berbicaranya. Dalam penelitian ini, digunakan desain pra-eksperimental kelompok pre-test-post-test tipe I dengan pendekatan kuantitatif dan metodologi eksperimental. Populasi penelitian ini adalah 43 anak muda. Tiga puluh anak, usia lima hingga enam tahun, yang dipilih melalui seleksi purposif menjadi sampel penelitian. Uji-t berpasangan digunakan untuk analisis data pada hasil penilaian pre-test dan post-test. Selanjutnya, dengan membandingkan nilai Sig, diuji pentingnya data tersebut. (2-tailed) dan nilai α. Nilai Sig ditentukan dengan menggunakan data pre-test dan post-test hasil temuan uji t berpasangan. Ketika nilai 2-tailed sebesar 0,000 maka nilai α sebesar 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa nilai Sig 2-tailed lebih kecil dari nilai α (0,000 < 0,05). Oleh karena itu, Ha diterima dan H0 ditolak, yang menunjukkan bahwa anak-anak berusia antara lima dan enam tahun mendapat manfaat dari paparan media cetak besar dalam hal kemampuan berbicara mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pelitapaud

Publisher

Subject

Education Neuroscience Other

Description

Jurnal Pelita PAUD adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi PGPAUD STKIP Muhammadiyah Kuningan pada tahun 2016, terbit dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Jurnal Pelita PAUD memuat beragam disiplin ilmu pendidikan PAUD, terutama dalam lingkup teori PAUD, praktek ...