Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMPN 6 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment research) dengan desain one group pre-test post-test design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 6 Kota Bengkulu dan sampel satu kelas eksperimen yang dipilih secara nonprobability sampling yaitu kelas VII D yang terdiri dari 26 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil pre-test siswa sebesar 30,27 dan rata-rata nilai post-test siswa sebesar 72,04. Kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau dari hasil pre-test dan post-test mengalami peningkatan sebesar 0,61 dengan kriteria peningkatan cukup efektif. Dari hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMPN 6 Kota Bengkulu.
Copyrights © 2023