JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika)
Vol 9, No 2 (2024): JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika)

Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Realistic Mathematics Education dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa

Maryanti, Tia (Universitas Mercu Buana Yogyakarta)
Nuryadi, Nuryadi (Universitas Mercu Buana Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbandingan penerapan model pembelajaran PBL dan RME untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment dengan pretest posttest control group design). Populasi penelitian ini siswa kelas VIII SMPN 1 Sedayu. Sampel yang dipilih kelas VIII G (kelas eksperimen I) dan kelas VIII F (kelas eksperimen II) yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Rata-rata akhir kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan Model pembelajaran PBL sebesar 70,78; (2) Rata-rata nilai akhir kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan model RME sebesar 78,75; (3) Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan nilai rata-rata hasil belajar matematika antara siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran PBL dan RME. Dari hasil di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran RME lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dibandingkan dengan model pembelajaran PBL. Berdasarkan hasil penelitian model pembelajaran RME dapat digunakan dalam pembelajaran umum karena model pembelajaran RME cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), ISSN 2477-2348 for Print version and ISSN 2477-2348 for Electronics version, is the official publication of Universitas Indraprasta PGRI. The scope of the journal includes all issues in the field of Mathematics ...