Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi digital siswa Madrasah Tsanawiyah dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed-method, dengan menggabungkan pendekatan kuantitatif jenis korelasional dan kualitatif deskriptif. Sebanyak 25 orang siswa kelas VIII MTsS Syamsyudhuha yang merupakan madrasah berbasis pesantren yang berlokasi di Kabupaten Aceh Utara,  dijadikan partisipan dalam penelitian ini. Data penelitian diperoleh melalui angket, wawancara, dan dokumen nilai rapor matematika siswa pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Data kuantitatif dianalisis secara deskriptif untuk menampilkan distribusi data serta dilanjutkan dengan analisis korelasi. Data hasil wawancara dianalisis dengan teknik analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi digital siswa MTs Syamsuddhuha berada pada kategori cukup, dengan nilai mean 69,4%. Namun demikian, siswa memiliki kemampuan kontrol-diri yang baik dalam penggunaan internet, yaitu dengan memanfaatkan kesempatan akses internet untuk mengerjakan tugas-tugas matematika dan mencari informasi tentang situs dan aplikasi yang bagus untuk belajar matematika. Kemampuan literasi digital siswa dalam penelitian ini tidak memiliki korelasi signifikan. Namun, dari hasil wawancara diketahui bahwa siswa MTs Syamsuddhuha merasa terbantu dalam belajar serta mengerjakan tugas-tugas pelajaran matematika dengan memanfaatkan akses internet.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024