Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar IPA pada siswa kelas VIII dengan menggunakan pendekatan Culturally Responsive Teaching pada materi sel. Pendekatan Culturally Responsive Teaching merupakan pendekatan yang mengintegrasikan budaya dengan materi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B SMPN 19 Pontianak dengan jumlah 32 orang. Data penelitian berupa minat belajar IPA siswa diambil menggunakan instrumen angket minat belajar, lembar observasi kegiatan guru dan tes hasil belajar dengan bentuk soal essay berjumlah 5 soal. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan penelitian, diperoleh data persentase minat belajar siklus I adalah 85,45% dan pada siklus II adalah 90,15%. Kemudian data persentase hasil belajar pada siklus I adalah 73,53% dan pada siklus II adalah 77,2%. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dapat meningkatkan minat belajar IPA siswa kelas VIII B SMP Negeri 19 Pontianak.
Copyrights © 2023