Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI)
Vol. 6 No. 2 (2023): JPPSI, Oktober 2023

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik IPA SMP Model Problem Based Learning Berorientasi Nilai Karakter

Suryaningsih, Ni Kadek Melya (Unknown)
Sudiatmika, Anak Agung Istri Agung Rai (Unknown)
Juniartina, Putu Prima (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan (1) validitas, (2) tingkat kepraktisan oleh guru, (3) dan tingkat dari keterbacaan Lembar Kerja Peserta Didik IPA SMP Model Problem Based Learning Berorientasi Nilai Karakter. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model ADDIE. Prosedur penelitian ini meliputi (1) tahap analisis (analyze), (2) tahap perancangan (design), (3) tahap pengembangan (development). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket uji validasi, angket kepraktisan dan angket uji keterbacaan. Subjek penelitian ini meliputi subjek uji validasi yaitu 2 orang ahli Pendidikan IPA, subjek uji kepraktisan yang terdiri atas 5 orang guru IPA dan 10 orang peserta didik sebagai subjek uji keterbacaan. Tingkat validitas LKPD IPA memperoleh rata-rata skor 1,00 termasuk sangat valid. Uji kepraktisan oleh guru memperoleh skor 3,68 termasuk kategori sangat praktis. Hasil keterbacaan memperoleh skor 3,7 dengan kategori sangat terbaca. Berdasarkan hasil penilaian validitas, kepraktisan, dan keterbacaan LKPD IPA model Problem Based Learning berorientasi nilai karakter maka LKPD IPA ini dapat dilanjutkan ke tahap uji keefektifan. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPPSI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI) diterbitkan oleh Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA Fakultas MIPA Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ilmiah ini mendiseminasikan artikel dari hasil-hasil penelitian pada bidang pendidikan sains/IPA. Terbit sebanyak dua kali pada bulan ...