Riset ini didasarkan atas kemampuan representasi siswa yang masih lemah sebab proses belajar mengajar tidak secara maksimal mengikutsertakan siswa untuk mengotak-atik benda di lingkungan sekitar sebagai proses awal untuk menguasai konsep matematika. Adapun tujuan riset ini adalah melakukan kajian literatur terkait dengan implementasi RME terhadap kemampuan representasi matematis siswa menggunakan metode yang SLR (Systematic Literature Review), yang didasarkan pada penelitian terdahulu yang relevan mengenai RME dan kemampuan representasi matematis. Dari pencarian menggunakan kata kunci, ditemukan sebanyak 28 artikel terkait. Kemudian, artikel-artikel tersebut dipilih 12 artikel jurnal yang memiliki topik penelitian relevan yang ter-indeks Google Scholar, Sinta 2, Sinta 3, dan Sinta 5. Artikel-artikel yang diperoleh, merupakan hasil dari pencarian data di base Google Scholar dan Mendeley. Hasil riset mengungkapkan bahwa analisis implementasi RME pada kemampuan representasi matematis efektif digunakan.
Copyrights © 2022