Kepragmatisan dan keoportunisan masyarakat di Surabaya, bahkan di Indonesia secara umum menjadikan mereka lebih sering berpikir instan dan menyukai hal-hal yang instan. Pola instan tersebut justru membuka celah peluang penipuan dengan menjanjikan keuntungan yang banyak namun dengan cara yang sangat mudah dan tidak butuh waktu yang lama, seperti arisan bodong, investasi bodong, broker zonk, asuransi zonk dan lainnya, termasuk perjudian, baik yang offline maupun online. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat signifikansi dampak kebiasaan dan pola pikir pragmatis terhadap besarnya peluang bisnis judi online di Surabaya. Tujuan dari penelitian ini dirumuskan dengan beberapa rumusan, yaitu yang pertama untuk mengetahui apakah kebiasaan berperilaku pragmatis berpengaruh signifikan terhadap besarnya peluang bisnis judi online. Yang kedua, apakah pola pikir pragmatis berpangaruh signifikan terhadap besarnya peluang bisnis judi online. Yang ketiga, apakah keduanya berpengaruh signifikan terhadap besarnya peluang bisnis judi online secara bersama-sama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mix method, yaitu memadukan data-data analisis kuantitatif untuk mengetahui dampak atau pengaruhnya dengan data-data kualitatif untuk mengetahui faktor-faktor penyebab perilaku kejahatan yang dipicu oleh pinjaman online. Sehingga teknik pengumpulan datanya menggunakan Observasi, kuesioner/angket, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian di analisis dengan dua metode, yaitu analisa atau uji instrument melalui uji validitas dan uji reliabilitas untuk menguji instrument kuantitatif, sedangkan analisa triangulasi untuk menguji validitas data kualitatif. Kemuadian dianalisa dengan regresi linier menggunakan uji asumsi klasik (uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji auto korelasi, uji t dan uji f) lalu diuji koefisien determinasinya untuk data kuantitatif, sehingga bisa diketahui pengaruh dan besaran pengaruhnya. Untuk data kualitatif dilakukan reduksi data agar data terpilah hanya yang sesuai tujuan penelitiannya, lalu dilakukan display data untuk menyusun data yang sudah direduksi agar sistematis dan mudah dipahami, baru terakhir verivikasi data atau interpretasi data agar tergampar simpulnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kebiasaan bertindak pragmatis warga Surabaya berdampak signifikan terhadap besarnya peluang bisnis judi online di Surabaya sebesar 99,9 %. Pola pikir pragmatis warga berdampak signifikan terhadap besarnya peluang bisnis judi online di Surabaya sebesar 99,9 %. Dan kebiasaan dan pola pikir pragmatis warga Surabaya secara bersamaan berdampak signifikan terhadap besarnya peluang bisnis judi online di Surabaya sebesar 98,8 %.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024