VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Vol 15, No 1 (2024): APRIL

PENGGUNAAN TEKNOLOGI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA

Fajriah, Nurul Ainun (Unknown)
Prasetyo, Agung (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2024

Abstract

ABSTRAKPemanfaatan teknologi menjadi salah satu alternatif pembelajaran matematika, khususnya dalam meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. Terdapat banyak aplikasi dan website serta teknologi lainnya yang dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran baik secara tatap muka maupun virtual dan dengan berbagai cara, seperti pembuatan modul, pembuatan aplikasi, dan penyajian soal sebagai bentuk penilaian. Untuk itu penelitian ini dilakukan untuk melihat potensi dan tantangan pemanfaatan teknologi dalam meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode scoping review dengan mengeksplorasi beberapa artikel terkait yang dilakukan melalui lima tahap, yaitu mengidentifikasi pertanyaan penelitian, mengidentifikasi studi yang relevan, memilih studi, memetakan data, dan menyusun, meringkas, dan melaporkan hasilnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi memudahkan guru dan siswa dalam proses pembelajaran matematika. Oleh karena itu, kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi perlu dikembangkan agar dapat terus berinovasi dalam penggunaan teknologi untuk mendukung proses pembelajaran.Kata Kunci: Teknologi, kemampuan literasi matematikaABSTRACTThe use of technology is an alternative to learning mathematics, especially in improving students' mathematical literacy skills. There are many applications and websites as well as other technologies that can be used to support the learning process both face-to-face and virtual and in various ways, such as making modules, making applications, and presenting questions as a form of assessment. For this reason, this research was conducted to see the potential and challenges of using technology in improving students' mathematical lit-eracy skills. This study used the scoping review method by exploring several related articles which were carried out through five stages, namely identify-ing the research question, identifying relevant studies, study selection, chart-ing the data, and collating, summarizing, and reporting the results. The results show that the use of technology makes it easier for teachers and students in the process of learning mathematics. Therefore, the teacher's ability to use technology needs to be developed so that they can continue to innovate in technology to support the learning process.Keyword: technology, mathematical literacy ability

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

VOX

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini memuat publikasi hasil pemikiran dan penelitian dibidang pendidikan, pengajaran dan evaluasi belajar, baik laporan penelitian maupun tinjauan buku yang dapat memberikan solusi permasalahan bagi perkembangan dunia pendidikan dan pengajaran secara luas dan bermanfaat serta belum pernah ...