VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Vol 14, No 2 (2023): NOPEMBER

PENGEMBANGAN E MODUL GURU PJOK BERBASIS CANVA MATERI GERAK DASAR UNTUK ANAK TUNAGRAHITA DI SEKOLAH KHUSUS SE-KABUPATEN TANGERANG

Rokhim, Nur (Unknown)
Rusdiyani, Isti (Unknown)
Sholih, Sholih (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2023

Abstract

ABSTRAKTujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran bagi Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan berbasis canva dengan materi gerak dasar bagi anak tunagrahita ringan di sekolah khusus se-Kabupaten Tangerang. PJOK merupakan bagian dari pendidikan untuk mengembangkan kemampuan melalui gerak sehingga dapat mencapai kesehatan serta tujuan pendidikan yang diharapkan yaitu mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Anak Tunagrahita Ringan dalam pertumbuhannya mengalami keterbatasan dalam melakukan aktivitas keseharianya karena keterbatasan motorik yang dimilikinya. Perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat para guru dituntut untuk dapat memanfaatkan teknologi dalam penyelenggaraan pembelajaran. Guru PJOK di SKH umumnya guru kelas yang belum mempunyai dasar pengetahuan tentang Penjas Adaptif. Model pengembangan media pembelajaran yang disusun dalam penelitian ini mengacu pada jenis pengembangan model ADDIE. Model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analisis Desain Development Impelementasi dan Evaluasi. Dengan adanya E-Modul Guru PJOK materi kombinasi aktivitas gerak dasar dapat tersampaikan dengan mudah dan Guru dapat memanfaatkan teknologi dalam penyelenggaraan pembelajaran PJOKKata Kunci: E-Modul, Canva,Anak Tunagrahita Ringan, Addie,Gerak DasarABSTRACTThe purpose of this development research is to produce a learning media product for canva-based Physical Education Sports and Health Teachers with basic motion material for mildly disabled children in special schools in Tangerang Regency. Physical Education is part of education to develop abilities through movement so as to achieve health and the expected educational goals which include knowledge, skills, and attitudes. Mild Tunagrahita children in their growth experience limitations in carrying out their daily activities due to their motor limitations. The rapid development of technology makes teachers required to be able to utilize technology in the implementation of learning. PJOK teachers in SKH are generally class teachers who do not have a basic knowledge of Adaptive PE. The learning media development model compiled in this study refers to the ADDIE model development type. The ADDIE development model consists of 5 stages, namely Analysis Design Development Implementation and Evaluation. With the E-Module of PJOK Teacher, the combination of basic movement activities can be conveyed easily and teachers can utilize technology in organizing PJOK learning.Keywords: E-Module, Canva, Mild Tunagrahita, Addie, Basic Movement

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

VOX

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini memuat publikasi hasil pemikiran dan penelitian dibidang pendidikan, pengajaran dan evaluasi belajar, baik laporan penelitian maupun tinjauan buku yang dapat memberikan solusi permasalahan bagi perkembangan dunia pendidikan dan pengajaran secara luas dan bermanfaat serta belum pernah ...