Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif melalui survey dan angket. Populasi berjumlah 362 nasabah, purposive sampling berjumlah 80 responden untuk disebarkan pada calon nasabah/nasabah di Bank Muamalat Cabang Cimahi.Hasil pertama, hasil analisis deskriptif di atas menunjukkan bahwa keunggulan bersaing tabungan iB Hijrah Haji meningkatkan keunggulan bersaing sekitar 73,46%. Sedang kepuasan nasabah sebesar 73,53% memiliki kemampuan dalam peningkatan nasabah tabungan iB Hijrah Haji di Bank Muamalat Cabang Cimahi.Kedua, hubungan signifikan variabel keunggulan bersaing produk tabungan iB Hijrah Haji (X) dan kepuasan nasabah (Y), besarnya nilai signifikansi 0,000 dengan p<0,05. Nilai rtabel 0,220 < rhitung 0,572, hubungannya sedang. Nilai R (koefisien korelasi) sebesar 0,572 pengaruh kuat pada variable Y dan nilaiR Square variabel X dan variabel Y ada hubungan signifikan sebesar 0,327 atau 32,7%, dan 67,3 faktor lain tidak dalam penelitian ini. analisis regresi, koefisien variabel X sebesar 0,473 dengan konstanta sebesar 42,45. perubahan variabel X akan diikuti oleh perubahan Y secara positif. Uji siginifikansi keunggulan bersaing tabungan iB Hijrah Haji (X) terhadap kepuasan nasabah (Y) nilaithitung6,154 > ttabel 1.9908 (Sig) sebesar 0,000 di bawah alpha 0,000. Artinya adapengaruh positif keunggulan bersaing tabungan iB Hijrah Haji (X) terhadap kepuasan nasabah (Y) pada Bank Muamalat Cabang Cimahi.
Copyrights © 2023