Journal of Islamic Education
Vol 6, No 2 (2024): Edisi Juli-Desember

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dalam Meningkatkan Ketuntasan Belajar Fiqih Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah

Baridah, Wahyu Lailatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2024

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilakukan untuk memecahkan permasalahan yang ada dalam kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran Fiqih di MIN 4 Nganjuk. Faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah kurangnya pemanfaatan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar dan metode konvensional yang digunakan guru yang monoton membuat siswa mudah bosan dan tidak memahami materi pelajaran sehingga ketuntasan belajar siswa rendah. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang layak, efektif dan menarik guna meningkatkan ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas IV. Teori yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan (RnD) adalah teori Borg and Gall yang telah disederhanakan menjadi 5 langkah, yaitu: pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk, uji validasi dan revisi, serta uji coba lapangan. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket dan tes serta menggunakan analisis data berupa uji paired simple test. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini adalah produk yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar serta dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa kelas IV MIN 4 Nganjuk

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jie

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

JOURNAL OF ISLAMIC EDUCATION is a Journal of Islamic Education Research published twice a year by Postgraduate UIN Maulana Malik Ibrahim Malang As a medium of socialization, discussion and information about issues around the world of Islamic ...