Para guru sebagai tenaga pendidikan sering mengalami masalah dalam penerapan kurikulum dalam proses pembelajaran. Hal ini disebabkan karena satu kurikulum belum benar-benar dipahami dan diterapkan dengan baik, sudah muncul kebijakan baru tentang perubahan kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problematika implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Belitang Hilir berdasarkan aspek manajemen kelas, durasi belajar, media pembelajaran, metode mengajar, serta pencapaian ranah kognitif dan psikomotorik siswa. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif dan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) manajemen kelas guru belum maksimal; (2) pemanfaatan durasi belajar belum optimal; (3) penggunaan media pembelajaran monoton; (4) metode mengajar didominasi ceramah; (5) capaian kognitif dan psikomotorik siswa masih rendah. Rekomendasi yang diberikan antara lain peningkatan keterampilan guru dalam manajemen kelas, pengelolaan waktu mengajar, penggunaan media pembelajaran inovatif, penerapan metode mengajar interaktif, serta perancangan pembelajaran dan penilaian otentik.
Copyrights © 2022