Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia
Vol. 2 No. 2 (2023): November

Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar

M Riki Mauli, Riki (Unknown)
Aziziy, Yunia Nabila (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Inquiry Learning pada pembelajarantematik terpadu berdasarkan beberapa penelitian terdahulu, yang dilihat dari seberapa besarpeningkatkan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran tersebut. Penelitian inidilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di sekolah dasar yang dikarenakan masih banyak guruyang kurang menerapkan model pembelajaran inovatif dan penerapan karakteristikpembelajaran tematikterpadu yang masih belum terlihat, guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional yangberpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran InquiryLearning merupakan rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berfikir kritis dananalistis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari permasalahan yang dipertanyakan. Metodepenelitian ini yaitu studiliteratur (Library Research) ataupenelitian kepustakaan. Dengan mengumpulkan15 jurnal terakreditasi yang relevan dengan topik lalu dianalisis sejauh mana peningkatan hasil belajarsiswa dengan diterapkannya model pembelajaran Inquiry Learning. Dari hasil analisis data menunjukanbahwa model pembelajaran Inquiry Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Papanda Publisher. Jurnal ini terbit setiap 6 bulan atau dua kali dalam satu tahun. Artikel-artikel yang diterbitkan jurnal ini adalah artikel karya ilmiah, studi pustaka atau hasil penelitian yang dilakukan oleh pendidik di Indonesia, baik itu guru, dosen, maupun ...