Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Inquiry Learning pada pembelajarantematik terpadu berdasarkan beberapa penelitian terdahulu, yang dilihat dari seberapa besarpeningkatkan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran tersebut. Penelitian inidilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di sekolah dasar yang dikarenakan masih banyak guruyang kurang menerapkan model pembelajaran inovatif dan penerapan karakteristikpembelajaran tematikterpadu yang masih belum terlihat, guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional yangberpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran InquiryLearning merupakan rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berfikir kritis dananalistis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari permasalahan yang dipertanyakan. Metodepenelitian ini yaitu studiliteratur (Library Research) ataupenelitian kepustakaan. Dengan mengumpulkan15 jurnal terakreditasi yang relevan dengan topik lalu dianalisis sejauh mana peningkatan hasil belajarsiswa dengan diterapkannya model pembelajaran Inquiry Learning. Dari hasil analisis data menunjukanbahwa model pembelajaran Inquiry Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2023