Pendidikan adalah pilar fundamental dalam pembangunan masyarakat dan peradaban. Dalam konteks Pendidikan Islam, upaya untuk menyelaraskan nilai-nilai agama dengan perkembangan ilmu pengetahuan modern menjadi suatu tantangan yang tak terhindarkan. Pendekatan transdisipliner, yang mengintegrasikan pemahaman dari berbagai disiplin ilmu, muncul sebagai alternatif yang menjanjikan dalam merespons kompleksitas tuntutan pendidikan masa kini. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep Pendidikan Islam Transdisipliner dari sudut pandang Filsafat Islam dan Barat. Melalui penelusuran pemikiran dari kedua tradisi ini, diharapkan dapat ditemukan titik temu dan harmoni, sehingga menciptakan suatu model pendidikan yang mampu menghadirkan solusi bagi kompleksitas tantangan zaman. Artikel  ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian mengunakan studi literatur. Sumber data dan bahan analisis yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari berbagai referensi artikel ilmiah yang relevan dari berbagai jurnal dan buku. Berdasarkan penggalian terhadap data dari beberapa sumber yang digunakan didapatkan hasil bahwa Pendidikan transdisipliner dalam Filsafat Islam menekankan pentingnya transmisi pengetahuan dan keterampilan yang esensial, pengembangan karakter moral dan spiritual, serta integrasi antara ilmu dan agama, sedangkan Filsafat Barat menekankan pentingnya transmisi pengetahuan dan keterampilan yang esensial, pengembangan karakter moral dan spiritual, serta kebutuhan dan minat individual siswa. Dari dua pandangan tersebut pendidikan Islam Transdisipliner dapat diwujudkan melalui: 1)Pendidikan Holistik: mengintegrasikan materi pelajaran agama dengan materi pelajaran umum, 2) Pendidikan kontekstual: Menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler yang bersifat transdisipliner, 3) Pendidikan berbasis masalah: Membangun kurikulum yang berbasis pada masalah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024