Jurnal MathEducation Nusantara
Vol 7, No 2 (2024): July 2024

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETHNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Dewi, Siska Erika (Unknown)
Bahri, Saiful (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis ethnomatematika dengan tema jajanan pasar khas Banjar, guna meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII di MTs AS-SAKINAH. Materi yang dibahas meliputi bangun ruang sisi datar, khususnya kubus dan balok. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahap: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Subjek penelitian meliputi dosen, guru, dan siswa yang terlibat dalam uji validitas, kepraktisan, dan efektivitas bahan ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan sangat valid dengan skor rata-rata 95%, sangat praktis dengan skor rata-rata 91%, dan sangat efektif dengan skor rata-rata 90%. Selain itu, terdapat peningkatan signifikan dalam kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, dengan nilai Gain sebesar 0,77, yang masuk dalam kategori tinggi. Hal ini mengindikasikan bahwa bahan ajar berbasis ethnomatematika ini efektif dan sangat memuaskan dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.Kata kunci: Bahan Ajar, Ethnomatematika, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JMN

Publisher

Subject

Education Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Jurnal MathEducation Nusantara berfokus pada publikasi hasil penelitian ilmiah pada bidang pendidikan matematika. Artikel yang dipublikasikan merupakan hasil dari civitas akademika internal dan eksternal Universitas Muslim Nusatara Al Washliyah khususnya pada bidang pendidikan matematika. Jurnal ini ...