Penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat digunakan sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa dengan menerapkan model pembelajaran project based learning. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan memberikan tindakan dalam dua siklus pembelajaran yang terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-5 SMP N 1 Pangaribuan yang berjumlah 20 orang. Sampel yang diambil sebanyak 20 sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah lembar observasi guru, tes kemampuan berpikir tingkat tinggi dan dokumentasi. Sebelum melakukan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes awal dan disetiap akhir sikluk diberikan tes kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan project based learning dapat meningkatkan kemampuan tingkat tinggi siswa dimana pada prasiklus dengan ketuntasan klasikal sebesar 20% dengan rata-rata 56,29 meningkat menjadi 20% pada siklus I dengan rata-rata 57,22. Berikutnya di siklus II menjadi 85% dengan rata-rata 89,44. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa di SMP Negeri 1 PangaribuanKata kunci: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi; Peningkatan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Project Based Learning
Copyrights © 2024