Hasil belajar dapat digunakan dalam mengukur kemampuan seorang siswa. Tinggi rendahnya hasil belajar dapat disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya student engagement dan self efficacy. Oleh karena itu penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh student engagement dan self efficacy terhadap perubahan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan pada semester genap 2023/2024. Untuk mempermudah generalisasi hasil penelitian, sehingga digunakan teknik pengambilan sampel simple random sampling, dengan jumlah total sampel 84 siswa. Instrumen penelitian yaitu angket self assessment dan peer assessment untuk variabel student engagement dan self efficacy, untuk hasil belajar dikumpulkan berdasarkan nilai tes matematika yang terdiri atas 16 soal Pilihan Ganda. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yaitu bahwa secara parsial student engagement berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa; secara parsial self efficacy berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika; dan secara simultan student engagement dan self efficacy berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa. Koefisien determinasi yang disumbangkan secara simultan sebesar 24,56%. Hasil penelitian ini mengindikasikan pentingnya peningkatan student engagement dan self efficacy dalam upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa.Kata kunci: hasil belajar matematika, self efficacy, student engagement
Copyrights © 2024