Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pendekatan matematika realistic berbasis problem based learning dan open ended ditinjau secara keseluruhan dan kemampuan awal matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Adapun desain yang digunakan dalam penelitian eksperimen semu ini adalah nonequivalent control-group design. Pemilihan subjek pada kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol tidak dilakukan secara acak karena dalam pelaksanaannya subjek sudah berada dalam kelas tertentu. Penelitian dilaksanakan pada Bulan September 2023 – Oktober 2023.  Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelasVII di MTs Negeri 2 Deli Serdang pada Tahun Ajaran 2023/2024. Sampel ini digunakan untuk melakukan penelitian, diantaranya adalah kelas eksperimen sebanyak 2 kelas dan 1 kelas kontrol sehingga terdapat tiga kelas yang dijadikan sebagai sampel. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Hasil temuan ini menunjukkan bahwa Pembelajaran menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Open Ended lebih baik dibandingkan dengan Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran matematika pada materi pokok Lingkaran dilihat dari Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024