Kampus Mengajar adalah program MBKM yang mendorong mahasiswa untuk berkontribusi dalam proses pembelajaran di tingkat sekolah dasar, dengan fokus khusus pada daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kontribusi dan dampak yang diberikan oleh mahasiswa yang berpartisipasi dalam Kampus Mengajar angkatan ke-7 terhadap peningkatan kemampuan numerasi siswa di SDN 41 Emplasment, Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Pengamatan langsung di lapangan (observasi) dan analisis dokumen terkait (studi dokumentasi) digunakan untuk mengumpulkan data. Permainan tradisional yang dimodifikasi untuk numerasi, seperti permainan engklek dan lompat tali numerasi, program bengkel numerasi, dan media untuk mengajar pohon matematika dan puzzle bangun datar, termasuk dalam program yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang kreatif dan interaktif memberikan dampak positif pada peningkatan numerasi siswa. Mahasiswa memiliki kesempatan untuk belajar menjadi pemimpin dan mendapatkan pengalaman mengajar dalam program ini.
Copyrights © 2024