Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
Vol. 18, No. 2 : Al Qalam (Maret 2024)

Pengaruh Media Kado Sipecah dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Pecahan di Kelas 4

Nawangwulan, Mutiara Dwi (Unknown)
Maulana, Maulana (Unknown)
Isrok'atun, Isrok'atun (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pengaruh KADO SIPECAH dalam meningkatkan kemampuan konsep pecahan peserta didik di kelas 4. Data ini diperoleh dari 48 peserta didik kelas 4 di SDN Malaka Jaya 11. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain Quasi Experiment, tepatnya nonequivalent control group design. Rancangan penelitian ini dilakukan dengan membentuk dua kelompok, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen merupakan kelas yang akan melakukan pretest, pembelajaran yang diberikan perlakuan (treatment) dengan penggunaan media KADO SIPECAH dan postest. Kelas Kontrol merupakan kelas yang akan melakukan  pretest, pembelajaran secara konvensional dan postest. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan peserta didik dalam permaianan KADO SIPECAH, peserta didik akan diminta untuk membentuk kelompok bermain. Peserta didik menyepakati aturan permainan dan melakukan permainan sesuai dengan pecahan yang senilai.  Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa KADO SIPECAH merupakan media pembelajaran yang menarik, interkatif dan memberikan pengaruh terhadap pemahaman konsep pecahan. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-qalam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

ALQALAM : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan (P-ISSN: 1907-4174 ; E-ISSN: 2621-0681) merupakan jurnal berkala yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan yang memuat tulisan dari dosen, tenaga kependidikan, pemerhati pendidikan dan lain sebagainya. ...