LKPD berbasis learning cycle 7E merupakan alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kemudahan, kemenarikan, kebermanfaat, dan efektivitas LKPD berbasis learning cycle 7E untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian research and development (R&D), pengembangan dilakukan mengacu pada teori Borg & Gall. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Bedilan. Subjek dalam penelitian ini 20 peserta didik. Alat pengumpulan data menggunakan instrumen tes yang valid dan reliabel. Hasil analisis data kevalidan menunjukkan LKPD berbasis learning cycle 7E sangat valid untuk digunakan. Hasil analisis data efektifitas menggunakan gain dengan hasil perhitungan 0,57 dengan signifikansi 0,01<0,05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis learning cycle 7E yang dikembangkan valid dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik sekolah dasar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024