Al-'Adad: Jurnal Tadris Matematika
Vol 3 No 2 (2024)

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK MATERI BARISAN DAN DERET

Agustina, Agustina (Unknown)
Septianawati, Desty (Unknown)
Sarassanti, Yumi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning pada peserta didik dalam materi Barisan dan Deret; (2) Mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis pada peserta didik dalam materi Barisan dan Deret dan (3) Mendeskripsikan pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik dalam materi Barisan dan Deret. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu yang menggunakan desain pretest-posttest control group design. Populasi berjumlah 52 orang dan dijadikan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yaitu soal tes uraian, lembar observasi dan dokumen. Data dianalisis menggunakan uji regresi linear sederhana menggunakan variabel dummy. Hasil menunjukkan bahwa: (1) Penerapan Model Problem Based Learning pada peserta didik dalam materi Barisan dan Deret 100% sudah dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah model PBL; (2) Kemampuan komunikasi matematis peserta didik rata-rata kelas eksperimen pada pretest yaitu 40,03 masuk kategori rendah dengan persentase 100% dan 39,09 untuk kelas kontrol masuk kategori rendah dengan persentase 100%. Untuk posttest rata-rata kelas eksperimen 83,90 masuk kategori tinggi dengan persentase 100% dan 71,45 untuk kelas kontrol terdapat 13 peserta didik masuk kategori tinggi dengan persentase sebesar 59% sedangkan 41% terdiri dari 9 peserta didik masuk dalam kategori sedang dan (3) Berdasarkan analisis data diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05 berarti pada taraf nyata 5% diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik dalam materi Barisan dan Deret kelas IX Raudlatul Firdaus Sungai Ambawang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-adad

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Al-‘Adad: Jurnal Tadris Matematika berisi artikel-artikel mengenai isu-isu pendidikan matematika yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Naskah berupa diseminasi hasil penelitian yang dihasilkan oleh ahli, ilmuwan, praktisi, dan mahasiswa dan kajian pustaka dalam bidang ...