Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan a)Keterampilan bertanya guru (questioning skill), b) Kendala dan solusi yang dihadapi guru. Penelitian ini dilakukan di MI Kliwonan dengan melibatkan 1 guru dan siswa kelas 5 yang berjumlah 30 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif. Pengumpulan data melalui kegiatan observasi,wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan verifikasi.Uji Keabsahan data yang digunakan yaitu Uji Kredibilitas dengan Triangulasi Teknik yaitu mengukur hasil yang diperoleh melalui observasi,wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa a)kemampuan bertanya guru kategori Baik dengan skor 32 dari 44. Keterampilan bertanya guru dalam bertanya dasar ditandai dengan mengajukan pertanyaan secara singkat dan jelas,memberikan referensi, memusatkan pertanyaan, pemindahan pertanyaan,penyebaran pertanyan. Keterampilan bertanya lanjut ditandai dengan perubahan bimbingan tingkat kognitif, susunan pertanyaan dari pertanyaan yang rendah sampai yang tinggi,penggunaan pertanyaan lacakan. b) kendala guru dalam menerapkan keterampilan bertanya kepada siswa, guru masih terkendala yaitu tidak memberi arahan lebih lanjut mengenai pertanyaan yang telah dibuat kepada siswa dan tidak memberi konfirmasi jawaban kepada siswa, solusinya yaitu guru mengevaluasi diri setelah selesai pembelajaran sehingga kedepannya dapat diperbaiki. Partisipasi siswa dalam pembelajaran kurang,Solusinya guru bisa memberi reward kepada mereka yang berani menjawab pertanyaan maupun bertanya.dalam penelitian ini kemampuan guru dalam bertanya sudah baik. Implementasi keterampilan bertanya bisa lebih di terapkan oleh guru dalam pembelajaran sehingga interaksi dengan siswa akan lebih intens yang pada akhirnya pemahaman materi lebih mudah.Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan a)Keterampilan bertanya guru (questioning skill), b) Kendala dan solusi yang dihadapi guru. Penelitian ini dilakukan di MI Kliwonan dengan melibatkan 1 guru dan siswa kelas 5 yang berjumlah 30 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif. Pengumpulan data melalui kegiatan observasi,wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan verifikasi.Uji Keabsahan data yang digunakan yaitu Uji Kredibilitas dengan Triangulasi Teknik yaitu mengukur hasil yang diperoleh melalui observasi,wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa a)kemampuan bertanya guru kategori Baik dengan skor 32 dari 44. Keterampilan bertanya guru dalam bertanya dasar ditandai dengan mengajukan pertanyaan secara singkat dan jelas,memberikan referensi, memusatkan pertanyaan, pemindahan pertanyaan,penyebaran pertanyan. Keterampilan bertanya lanjut ditandai dengan perubahan bimbingan tingkat kognitif, susunan pertanyaan dari pertanyaan yang rendah sampai yang tinggi,penggunaan pertanyaan lacakan. b) kendala guru dalam menerapkan keterampilan bertanya kepada siswa, guru masih terkendala yaitu tidak memberi arahan lebih lanjut mengenai pertanyaan yang telah dibuat kepada siswa dan tidak memberi konfirmasi jawaban kepada siswa, solusinya yaitu guru mengevaluasi diri setelah selesai pembelajaran sehingga kedepannya dapat diperbaiki. Partisipasi siswa dalam pembelajaran kurang,Solusinya guru bisa memberi reward kepada mereka yang berani menjawab pertanyaan maupun bertanya.dalam penelitian ini kemampuan guru dalam bertanya sudah baik. Implementasi keterampilan bertanya bisa lebih di terapkan oleh guru dalam pembelajaran sehingga interaksi dengan siswa akan lebih intens yang pada akhirnya pemahaman materi lebih mudah.
Copyrights © 2023