Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk LKPD tematik berbasis discovery learning yang layak dan efektif meningkatkan kemampuan HigherOrder Thinking Skills (HOTS) peserta didik. Jenis penelitian ini Research and Development (R&D), pengembangan dilakukan mengacu pada teori Borg and Gall yang disederhanakan menjadi 3 tahapan. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas V SD Negeri. Subjek dalam penelitian ditentukan menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh sebanyak 30 peserta didik. Alat pengumpulan data menggunakan instrumen tes yang valid dan reliabel. Teknik analisis data menggunakan uji independent sample t test diperoleh nilai sig = 0.001 atau kurang dari a 0.05 dengan demikian H0 ditolak dan Hditerima. Hasil perhitunganuji efect size pada kemampuan HOTS diperoleh Cohen d-effect size sebesar d=1.436 menunjukkan efek yang kuat. Berdasarkan penelitian ini disimpulkanbahwa LKPD pembelajaran tematik berbasis discovery learning yangdikembangkan valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan HigherOrder Thinking Skills (HOTS) peserta didik kelas V sekolah dasar.
Copyrights © 2024