Dalam lingkungan bisnis semakin ketat, analisis SWOT terbukti berfungsi sebagai alat strategi yang efektif bagi organisasi yang ingin meningkatkan daya saing. Studi ini melihat analisis bagaimana SWOT berfungsi untuk menentukan komponen internal (seperti kekuatan dan kelemahan) dan eksternal (seperti peluang dan ancaman) yang berpotensi mempengaruhi keberhasilan suatu perusahaan. Hasil analisis tersebut, perusahaan dapat mengembangkan strategi yang memanfaatkan sumber daya dan waktu (SO), memanfaatkan waktu untuk memitigasi kelemahan (WO), memanfaatkan sumber daya untuk mencegah ancaman (ST), atau mengembangkan strategi yang tepat, misalnya untuk memitigasi kelemahan dan ancaman (WT). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bisnis dapat menggunakan analisis SWOT untuk mengidentifikasi indikator kinerja utama secara sistematis, serta menyusun strategi yang selaras dengan kondisi lingkungan bisnis untuk meningkatkan daya saing secara berkelanjutan. Meskipun demikian, itu harus dipahami bahwa analisis SWOT hanyalah salah satu aspek dari proses perencanaan strategi yang lebih besar, sehingga integrasi dengan metode analisis lainnya dapat memberikan hasil yang lebih holistik dan mendalam.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024