MANNERS Management and Entrepreneurship Journal
Vol 7 No 1 (2024): Maret

MEMPEROLEH LOYALITAS PELANGGAN DI RITEL FARMASI (APOTEK K-24) MELALUI KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN

Pratondo, Katon (Unknown)
Zaid, Zaid (Unknown)
Aziti, Tria Meisya (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2024

Abstract

ABSTRAKKepuasan dan loyalitas pelanggan (pasien) dianggap sebagai salah satu hasil yang disukai dalampelayanan kesehatan karena berhubungan langsung dengan penggunaan kembali layanan kesehatanserta keberhasilan dan keberlanjutan fasilitas pelayanan kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalahmenguji pengaruh kualitas pelayanan yang diberikan oleh Apoteker di K-24 terhadap kepuasanpelanggan terhadap loyalitas pelanggan. Secara metodologi, penelitian ini dirancang menggunakankuesioner cross-sectional untuk mengumpulkan data pasien rawat jalan dipilih secara simple randomsampling. Metode analisis data yang digunakan untuk menguji Hipotesis yang diajukan adalah PartialLeast Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Pada akhirnya, penelitian ini menemukansekaligus membuktikan bahwa kualitas pelayanan, melalui dimensi komunikasi dan sikap, lamapelayanan, lingkungan apotek, dan penyediaan obat, dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan (? =0.694, T-Value = 17.972, P-Value = 0.000) dan loyalitas pelangga (? = 0.577, T-Value = 10.266, PValue = 0.000) secara positif dan signifikan. Dengan hasil tersebut penelitian ini mengimplikasikanbahwa kualitas pelayanan adalah prediktor dari kepuasan dan loyalitas. Sehingga, penelitian inimenyarankan agar Apotek K-24 terus meningkatkan kualitas pelayanan mereka.Kata kunci: Apotek, loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

manners

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

MANNERS adalah sebuah publikasi karya ilmiah yang diterbitkan secara berkala sebanyak dua (2) kali dalam satau tahun yaitu bulan Maret dan Oktober. Adapun tujuan pembuatan jurnal manajemen ini adalah memberikan fasilitas bagi rekan rekan dosen untuk menyalurkan karya ilmiah dalam bidang manajemen. ...