NUMBERS: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Vol. 1 No. 4 (2023): October - December

Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal AKM Numerasi Level 5 Materi Trigonometri Berdasarkan Tahapan Polya

Firdaus, Zuhal (Unknown)
Suwito, Abi (Unknown)
Susanto, Susanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini menganalisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal AKM Numerasi berdasarkan tahapan Polya dan penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal tersebut. Tahapan Polya terdiri dari tahap memahami masalah, merencanakan pemecahan, melakukan rencana pemecahan, dan memeriksa kembali. Pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Hasil pada penelitian ini adalah (1) pada tahap memahami siswa yang tidak mengalami kesulitan karena siswa sudah bisa memahami masalah, (2) pada tahap perencanaan siswa juga mampu merencakan dengan baik untuk menyelesaikan soal AKM Numerasi, (3) pada tahap melaksanakan rencana terdapat beberapa kesalahan baik kesalahan penulisan pada kesimpulan serta kesalahan dalam menerapkan rumus sesuai karena kurang teliti dan tidak menyadari kesalahan yang dibuat, dan (4) pada tahap memeriksa kembali terdapat siswa yang tidak mencapai tahap ini dikarenakan masih terdapat kesalahan ditahap sebelumnya dan siswa tidak melakukan pengecekan ulang karena merasa sudah yakin

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edu

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics Other

Description

Numbers (Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam) is an-Opened Access journal which contains the results of research and literature studies and published four times a year every January, April, July, November. It publishes the research (no longer than 5 years after the draft proposed) ...