Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan penyedian air bersih berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma Kecamatan Ponrang Kabupaten Luwu Desa Tumale. Penelitian menggunakan metode kuantitatif, adapun metode yang digunakan untuk menguji teori-teori tertentu, dengan cara meneliti variabel tersebut. Hasil penelitian menunjukkan Kualitas pelayanan penyediaan air bersih di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma Kecamatan Ponrang Kabupaten Luwu dengan indikator yang ada bahwa pelayanan yang tersedia belum berjalan dengan optimal pada responsiviness, hal ini terjadi karena petugas lapangan belum optimal menyelasaikan masalah, misalnya pada pergantian pipa yang sudah dimakan usia. Nilai konstanta kepuasan pelanggan sebesar 30,89% yang menunjukan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan masih belum optimal. The aim of this research is to determine the quality of clean water provision services that influence customer satisfaction at the Regional Drinking Water Company (PDAM) Tirta Dharma, Ponrang District, Luwu Regency, Tumale Village. The research uses quantitative methods, the method used to test certain theories is by examining these variables. The results of the research show that the quality of clean water supply services at the Regional Drinking Water Company (PDAM) Tirta Dharma, Ponrang District, Luwu Regency with existing indicators shows that the available services have not run optimally in terms of responsiveness, where field officers have not optimally resolved problems, for example in replacing pipes. it has aged. The constant value of customer satisfaction is 30.89%, which shows that the quality of service on customer satisfaction is still not optimal.
Copyrights © 2024