Tujuan yang diharapkan dalam melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan peserta didik melalui metode PJBL (Project Based Learning) pada mata pelajaran prakarya di kelas IV SDN 15 Bolangitang Barat. Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas adalah sebuah penelitian yang dilakukan dalam kelas oleh peneliti dalam rangka meningkatkan keterampilan peserta didik melalui metode Metode Project Based Learning (PJBL) pada mata pelajaran Prakarya. Penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) ini memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam meningkatkan keterampilan pembelajaran apabila dilaksanakan dengan baik dan benar. Hasil belajar prakarya peserta didik mengalami peningkatan setelah melalui metode PJBL (Project Based Learning) yang dapat dilihat dari sebelum tindakan memperoleh presentase ketuntasan 25%, siklus I memperoleh presentase ketuntasan 31,25%, sampai siklus II memperoleh presentase ketuntasan 87,5%. Meningkatkan Keterampilan Peserta Didik Melalui Metode PJBL(Project Based Learning) Pada Mata Pelajaran Prakarya di kelas IV SDN 15 Bolangitang Barat. Dikatakan berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024