Jurnal CARE
Vol. 11 No. 2 (2024): Januari

Pembelajaran Tari Tradisional Indang (Dindin Badindin) untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar Anak

Khairunnisa, Khairunnisa (Unknown)
Fitri Harahap, Emilia (Unknown)
Araminta, Nabila (Unknown)
Zahra lubis, Hilda (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2024

Abstract

Motorik kasar merupakan bagian dari kecerdasan majemuk yang berhubungan dengan kecerdasan kinestetik pada anak. Perkembangan motorik kasar pada anak usia dini dapat dikembangkan melalui berbagai kegiatan salah satunya kegiatan tari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran tari kreasi dindin Badindin pada anak dan juga untuk mengetahui proses pembentukan kemandirian anak melalui Kegiatan tari tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah field research dengan teknik pengumpulan data dari Wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian Data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang sudah dilakukan diperoleh hasil bahwa perkembangan kemandirian anak yang telah terjadi setelah dilakukannya Kegiatan tari kreasi dindin badindin dapat terbentuk sesuai dengan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) kemandirian anak usia 4-5 tahun yang terdiri dari 2 indikator pencapaian kemandirian yang Terdapat di TK. Dalam penelitian ini contoh dari terbentuknya kemandirian anak Yaitu anak mampu melakukan pekerjaannya sendiri, anak-anak memiliki inisiatif terdapat pekerjaan yang akan Mereka lakukan, dan anak juga mampu menyelesaikan tanpa dibantu orang lain.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPAUD

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL CARE is a scientific journal on Early Childhood Education that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of early childhood education covering the fields of basic teaching in preschool, applied science and analytical-critical ...