Jurnal CARE
Vol. 12 No. 1 (2024): Juli

Implementasi Profil Pelajar Pancasila Di TK Al Kautsar Bandar Lampung

Mulya, Neni (Unknown)
Seftiana, Dina (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2024

Abstract

Pendidikan di Indonesia berkembang sesuai perkembangan zaman yang membuat kebijakan pemerintah menjadi berubah-ubah. Era globalisasi menjadi tantangan terbesar bagi dunia pendidikan. Pada era milenial guru dituntut menjadi guru yang kreatif, inovatif, dan terampil agar melahirkan generasi yang berpengetahuan luas serta memiliki perilaku sesuai dengan nilai-nilai pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara guru mengimplementasikan profil pelajar pancasila di TK Al Kautsar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di TK Al Kausar Bandar Lampung 1 April sampai dengan 20 Mei 2024. Hasil penelitian yaitu pembiasaan akhlak dan budi pekerti, pengenalan budaya melalui projek, kegiatan bergotong royong yang menyenangkan, pembiasaan kemandirian, pengembangan kemampuan berpikir kritis dan penggalian kreativitas anak. Guru-guru yang kreatif, inovatif dan berpengalaman menerapkan model pembelajaran berpusat pada siswa, memungkinkan anak-anak untuk mengeksplorasi konsep-konsep pancasila melalui kegiatan yang menyenangkan dan beragam. Kerjasama dari semua pihak, termasuk kepala sekolah, guru, wali murid dan mitra sekolah juga berperan penting dalam kesuksesan implementasi ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPAUD

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL CARE is a scientific journal on Early Childhood Education that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of early childhood education covering the fields of basic teaching in preschool, applied science and analytical-critical ...