Jurnal CARE
Vol. 12 No. 1 (2024): Juli

Implementasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka di Lembaga PAUD

Awwalina, Al Vina Fadila (Unknown)
Farantika, Dessy (Unknown)
Rachmah, Laela Lutfiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2024

Abstract

Transisi impelementasi pembelajaran kurikum merdeka dalam satuan PAUD memunculkan berbabgai pro kontra dalam pelaksanaan di lapangan. Penelitian ini membahas mengenai implementasi pembelajaran Kurikulum Merdeka pada satuan PAUD di TK Al Hidayah Tangkil 02 Wlingi. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kurikulum Merdeka menjadi inovasi baru pada satuan pendidikan akibat adanya wabah covid-19 sebagai bentuk usaha dalam pemulihan pembelajaran. Perubahan kurikulum akan terus terjadi mengikuti pola perkembangan zaman yang menyebabkan administrasi dan instrumen juga berubah. Selain itu kurangnya pengetahuan guru mengenai kurikukulum merdeka menjadi tantangan utama. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan Kurikulum Merdeka pada satuan PAUD. Berdasarkan hasil penelitian, pengelolaan pembelajaran terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan dimulai sejak awal tahun ajaran yang dimulai dengan menganalisis terkait karakteristik lembaga dan peserta didik sebagai acuan untuk menyusun KOSP. Kurikulum merdeka dilaksanakan dengan memberikan anak kebebasan untuk melakukan kegiatan. Keterlibatan kepala sekolah, pendidik dan orangtua menjadi faktor pendukung dalam pembelajaran PAUD yang berbasis kurikulum merdeka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPAUD

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL CARE is a scientific journal on Early Childhood Education that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of early childhood education covering the fields of basic teaching in preschool, applied science and analytical-critical ...