Jurnal Math-UMB.EDU
Vol. 11 No. 2 (2024): MARCH

PENGEMBANGAN BUKU LATIHAN SOAL MATEMATIKA AKM (ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM) BERBASIS LITERASI NUMERASI UNTUK SD/MI

Nur Fathonah (Unknown)
Sri Rahayu (Unknown)
Erlin Ladyawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengembangan buku ajar Matematia "Latihan Soal AKM Berbasis Literasi dan Numerasi untuk Siswa SD/MI". Pendekatan yang digunakan dalam pengembangan buku ini adalah model ADDIE. Subyek penelitian berasal dari SD Ma'arif Hasanudin Surabaya. Kualitas buku dinilai baik apabila memenuhi kriteria validitas dalam aspek isi, sajian, dan kegrafikaan. Kriteria validitas terpenuhi jika buku divalidasi oleh ahli isi, sajian, dan kegrafikaan dengan hasil yang kurang lebih memenuhi kriteria yang baik dengan sedikit perbaikan yang sedikit. Uji keterbacaan buku juga perlu mencapai kriteria baik. Kriteria praktis terpenuhi jika buku mendapat respons positif dari siswa dan mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Terakhir, kriteria efektifitas memerlukan perbedaan signifikan antara pretest dan postest, serta nilai N-gain minimal pada kriteria cukup efektif. Dari hasil penelitian, buku Matematia "Latihan Soal AKM Berbasis Literasi dan Numerasi untuk Siswa SD/MI" memenuhi kriteria-kriteria tersebut. Proses pengembangan menggunakan model ADDIE berhasil memenuhi kriteria validitas, praktis, dan efektifitas. Oleh karena itu, buku ini dianggap memenuhi kualitas baik dan direkomendasikan untuk digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci: Buku latihan soal AKM, literasi, numerasi

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

math

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal MATH_UMB.EDU mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian dan kajian dalam bidang matematika dan pendidikan matematika baik di SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi. Jurnal MATH-UMB.EDU diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Bengkulu sebanyak tiga kali ...