Pandemi COVID-19 mengakibatkan lulusan SMK sebagai lulusan dengan jumlah pengangguran terbesar jika dibandingkan dengan jenjang pendidikan lainnya. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untukmeningkatkan kemampuan serta pengetahuan siswa SMK dalam pembuatan konten di sosial media sehingga lulusan akan menjadi siap kerja melalui kewirausahaan atau usaha mandiri. Kegiatan ini bekrjasama dengan mitra yaitu SMK Hidayatul Mubtadien dan SMK Potensial Badrul Huda yang merupakan SMK di Kabupaten Sampang. Rangkaian kegiatan ini dimulai dengan pelatihan yang diberikan oleh narasumber yang ahli dibidangnya yaitu tim youtuber dengan jumlah subscriber lebih dari 5 juta. Kegiatan pelatihan dibagi menjadi tiga sesi yaitu sesi pertama dimulai dengan pemberian materi mengenai teknik dasar fotografi dan videografi. Sesi kedua berupa pemberian materi mengenai ide konten khususnya gagasan yang cocok bagi masyarakat Indonesia. Sesi ketiga berupa praktik outdoor sebagai implementasi dari pelatihan sesi pertama. Sesi ketiga dilanjutkaan dengan praktik editing video yang telah diambil pada sesi outdoor tersebut. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 50 siswa-siswi SMK jurusan Multimedia didampingi oleh tim instruktur. Pemberian tugas diberikan kepada peserta untuk mengukur peningkatan kompetensi berupa pembuatan video kemudian menguploadnya di Youtube sekolah. Rangkaian kegiatan ini ditutup dengan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan. Berdasarkan hasil evaluasi secara keseluruhan terlihat bahwa kompetensi siswa-siswi dalam pembuatan konten mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan sebelum mendapatkan pelatihan. Luaran kegiatan ini salah satunya adalah video profil sekolah yang telah dibuat oleh peserta sebagai produk branding mitra.
Copyrights © 2024