Periklanan menjadi semakin beragam karena berkembangnya media informasi. Hal ini dilakukan agar pesan yang disampaikan melalui iklan dapat menjangkau masyarakat. Salah satu ciri bahasa periklanan adalah persuasif. Keberadaan kata-kata yang berkesan dan persuasif dalam periklanan tidak lepas dari peran tindak tutur. Tuturan pada bahasa iklan sebaiknya dapat mempengaruhi konsumen untuk melakukan suatu tindakan untuk membeli suatu produk. Penelitian ini menggunakan tataran sosiopragmatik dengan menyelidiki bahasa yang digunakan dalam iklan di lingkungan sosial suatu masyarakat, meliputi dimensi empati, dimensi persuasi, dimensi dampak, dan dimensi komunikasi. Oleh karena itu, digunakan Epic Model. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan efektivitas tindak tutur ilokusi pada tayangan iklan produk susu cair kemasan siap minum merek Frisian Flag. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik. Teknik yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Ekonomi Universitas Islam Syekh dengan sample 95 mahasiswa diukur menggunakan rumus slovin. Hasil akhir dari EPIC rate adalah 5,0 yang termasuk dalam kategori Efektif. Hal ini menunjukkan bahwa iklan susu Frisian Flag versi Siap Raih Terbaikmu 2021 telah memiliki dampak maksimal bagi konsumennya sedangkan hasil akhir dari EPIC rate adalah 4,3724 yang termasuk dalam kategori sangat efektif. Hal ini menunjukkan bahwa iklan Frisian Flag 2022 versi Pahlawan Keluarga telah memiliki dampak maksimal bagi konsumennya.
Copyrights © 2023