Journal of Social Science and Humanities (JoSSH)
Vol. 3 No. 1 (2024): January-June

Strategi Komunikasi Customer Relationship UMKM Di Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Cikeruh:

Tsalatsin, Ammarulah (Unknown)
Rahmasari , Gartika (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2024

Abstract

Dunia sedang mengalami Pandemi Covid-19 termasuk Indonesia. Himbauan untuk mencegah mata rantai penyebaran virus ini mengharuskan masyarakat untuk berdiam diri dirumah. Hal ini berdampak pada ketidakstabilan ekonomi dan salah satu yang terdampak adalah UMKM. Untuk itu diperlukan Strategi Komunikasi untuk bertahan bagi UMKM untuk dapat terus mempertahankan bisnisnya di masa pandemi ini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dengan langkah eksploratif dengan teknik observasi lapangan. Hasil penelitian ini dalam mempertahankan suata usaha bukan hanya mencari pelanggan baru akan tetapi pelaku UMKM harus menjaga pelanggan yang sudah ada agar dapat saling percaya dan tidak berpaling ke produk lain dan peneliti merekomendasi strategi komunikasi untuk UMKM berupa melakukan perbaikan kualitas produk dan penambahan layanan serta menjalin dan mengoptimalkan hubungan pemasaran pelanggan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JoSSH

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Social Sciences

Description

Journal of Social Science and Humanities (JoSSH) focuses on the applications of social sciences and humanities theories and methodologies and provides an intellectual platform for the researchers and scholars to pursue an interdisciplinary approach to create new knowledge, solution, and improve ...