Wahana Didaktika
Vol. 22 No. 2 (2024): Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan

Implementasi Pendidikan Peduli Sosial Mahasiswa Dimasa Pandemi Covid-19

Rachmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2024

Abstract

Dalam pembelajaran social yang bersifat konseptual perlu di terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian bertujuan untuk menjawab bagaimana implementasi kepedulian siswa dalam menyikapi situasi sosial yang terjadi di sekitarnya selama masa pandemi Covid-19. Keterlibatan siswa dalam penanganan dampak Covid-19 merupakan wujud dari implementasi nilai-nilai karakter peduli yang telah dipelajari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan memanfaatkan data pengalaman siswa yang diperoleh melalui observasi, wawancara virtual, dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini bersumber dari hasil jawaban narasi yang disusun oleh siswa di Bekasi berdasarkan pengalaman kegiatan sosial secara individu maupun kelompok pada tahun 2020. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa memberikan kepedulian sosialnya dengan melakukan pengumpulan bantuan kepada masyarakat terkena dampak kebijakan pemerintah mengenai pembatasan aktivitas masyarakat di luar rumah. Hal ini memiliki dampak pada aspek ekonomi dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Sumbangan dikumpulkan dalam bentuk barang dan dana didistribusikan kepada masyarakat. Selain itu, kepedulian sosial ditunjukkan dengan pelibatan mahasiswa dalam berbagai kegiatan sosialisasi, baik secara tatap muka maupun kampanye virtual penanganan Covid-19 di Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

didaktika

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal wahana didaktika terbit setiap Januari, mei dan september Artikel-artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Wahana didaktika termasuk hasil dari bidang penelitian kualitatif; konseptual; dan tinjauan literatur. Serangkaian penelitian yang meliputi Ilmu ...